EKONOMI SIRKULAR SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENERAPKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Assalamualaikum,


Hii semua gima nih kabarnya??

Awali tahun 2020, SCG Hidupkan Konsep Ekonomi Sirkular sebagai solusi untuk menerapkan  Sustainable Development melalui kolaburasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Sebagai ilustrasi, ketika kita membeli barang-barang baru kemanakah barang-barang lama kita.Apakah kita buang begitu saja, terus menjadi sampah begitu saja tanpa kita sadari kalau barang-barang bekas itu sangat banyak sekali manfaat nya lho.

Terus bagaimana kita menangani limbah dan sampah?Hmmm

Pengelolaan sampah masih terbatas dalam pengumpulan, pengangkutan, dan penimbunan. Permodalan linier dapat berdampak dalam penumpukan sampah yang signifikan dan menyebabkan  banyak permasalahan di berbagai bidang.


Narasumber


Namun, itu semua bisa kita atasi dengan solusi beralih ke Ekonomi Sirkular atau Circular Economy .
Sampah bukanlah sekedar sampah, melainkan SUMBER DAYA bagi yang lain, konsep ekonomi sirkular artinya melakukan resirkulasi sumber daya alam rantai nilai untuk memenimalkan penggunaan dan memaksimalkan mafaat sumber daya.
Tujuan Ekonomi Sirkular adalah mempertahankan nilai sebanyak mungkin dari sumber daya, produk, suku cadang, dan material untuk menciptakan sistem yang memungkinkan untuk masa pakai yang lama, penggunaan kembali yang optimal, perbaikan dan remanufaktur , daur ulang.


bersama Mom Influencer Indonesia

Nah, Rabu 22 Januari lalu aku dan beberapa moms dari Mom Influencer Indonesia berkesempatan untuk hadir di Talkshow dan Mini Workshop SCG Welcoming Circular 2020 yang di adakan oleh PT SCG INDONESIA (SCG). 
Acara yang dilaksanakan di The Hall, Kota Kasablanka, dan juga di hadiri oleh mama-mama bloger yang juga peduli dengan lingkungan.


SCG INDONESIA AND CIRCULAR ECONOMY


SCG menyadari pentingnya ekonomi sirkular sebagai solusi dan kunci untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang mencakup dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan. SCG berusaha untuk menerapkan ekonomi sirkular ke dalam praktik di sektor bisnis, dan mendorong industri lain untuk bersama-sama melakukan dengan memberi contoh - contoh ekonomi sirkular yang diterapkan.


Jadi, acara kemari dibuka oleh Mc. Indah dan dilanjutkan Opening Speech oleh Ms. Pathama Sirikul selaku Presiden Direktur PT. SCG  indonesia.
Dalam  Opening Speech nya, Ms Pathama menjelaskan bahwa selama ini yang bisa kita lakukan adalah  Ekonomi Linier, make - use - throw it as a waste. Ketika perusahaan indutri membuat satu produk , kita menggunakannya sekali kemudian membuang nya sebagai sampah. Saat ini bumi sudah dipenuhi dengan sampah, jika kita terus melakukan pola ekonomi linier ini terus menerus, kita tidak akan memiliki tempat tinggal lagi, karena sudah di penuhi oleh sampah. Maka pola nya harus di ubah menjadi ekonomi sirkular yaitu make - use - return. 

Di Thailand sendiri, konsep Ekonomi Sirkular ini sudah berlangsung selama 10 tahun dan SCG ingin membawa konsep ini ke indonesia.


Ms. Pathama Sirikul, Presiden Direktur PT. SCG Indonesia

I am now increasingly aware of the importance of circular economics as a solution and key to achieving sustainable development that includes economic dimensions.
SCG has also become accustomed to a culture of waste management, where some contaminated waste can be transformed into something of value and create more benefits.


Mengawali tahun 2020, perusahaan konglomerasi terkemuka di ASEAN, SCG mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan berbuat nyata guna mewujudkan kehidupan berkelanjutan melalui praktik ekonomi sirkular dalam kehidupan sehari-hari. Upaya ini akan di wujudkan dalam penyelenggaraan SCG Sustainnable Development (SD) Symposium Indonesia 2020, Circular Economy, Collaboration for Action yang akan di gelar 22 februari mendatang.

Forum pertemuan para pemimpin global ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di indonesia dan bertujuan untuk saling berbagi pengalaman implementasi ekonomi sirkular, baik di bidang bisnis, birokrasi, maupun komunitas. Kemudian melakukan kolaborasi di antara pemangku kepentingan terkait, untuk mewujudkan praktik ekonomi sirkular dalam kehidupan sehari-hari.


DOK. PRIBADI

Hal ini dilatar belakangi oleh kesadaran bersama akan pentingnya ekonomi sirkular untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Lebih jauh lagi , SCG menyadari bahwa kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan dalam mengimplementasikan konsep ekonomi sirkular. Sebagai negara dengan populasi terbesar di ASEAN dan merupakan salah satu negara terkuat dari sisi ekonomi dan politik, posisi indonesia sangat strategis untuk menjadi negara pendorong praktek ekonomi sirkular, tidak hanya dikawasan ASEAN, bahkan dunia , " jelas Wiroat Rattanachaisit, Country Director - SCG Indonesia.


Sebagai penanda, dilaksanakan nya acara SCG Welcoming Circular 2020, di Jakarta (22/1), SCG ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa berperilaku sirkular , artinya mulai dari mengedukasi hingga memberi contoh untuk menggunakan sebesar-besarnya manfaat dari sumber daya, dan menekan semaksimal mungkin jumlah sampah atau limbah. dengan kata lain konsepnya adalah make - use - return. 

Nah, di acaranya SCG kitapun praktik lho membuat gantungan tas ala - ala dari bekas kain, seru banget adan alhamdulillah ilmu yang sangat bermanfaat sekali,


dok 1

dok 2

dok 3

Cuplikan di atas adalah Workshop Membuat Tassel dari benang kaos, seru deh kita juga di pandu oleh team dari Living Loving Workshop , 
Didalam workshop kitnya selain ada bahan-bahan membuat tassel (T-Yarn, mote, kayu, gantungan kunci, jarum plastik dan benang katun) ada juga tas tote bag dan buku dari Living Loving nya lho.

Jujur sih ini baru pertama kali aku melakukan praktik langsung buat seperti ini,ternyata gak mudah ya kita bayangkan ya hehe liat orang-orang kayanya mudah banget, tapi setelah kita latihan dan teliti wah ternyata seru dan bikin nagih buat nya hehe, So aku praktik di rumah lagi biar semakin rapih dan hasilnya bisa jadi pendapatan kita deh , jadi ini sangat berguna sekali.

hasil karya aku dan peserta lainnya

Konsep sirkular ekonomi seperti yang di usung oleh SCG ini, dapat menjadi solusi untuk indonesia, Misalnya apabila kita memproduksi plastik, selain sebagai barang jadi, juga bisa dipakai ulang. Akhirnya kita bisa minimalisasi sampah. Tentu saja perlu banyak kampanye ke masyarakat sehingga mereka tahu barang yang mereka punya bisa digunakan kembali, bukan langsung dibuang.

Dalam acara ini juga melalui sesi Workshop pembuatan kreasi daur ulang dari bahan-bahan bekas, SCG juga menunjukan bahwa praktik ekonomi sirkular sangat mungkin untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan bernilai ekonomi. SCG indonesia telah membuktikan nya, baik secara internal oleh para karyawan, maupun melalui program-program unggulannya.

Mulai dari beasiswa tingkat SMA dan Universitas yang mengusung tema ekonomi sirkular, hingga penerima beasiswa SCG Sharing The Dream, untuk pengelolahan limbah tekstil menjadi barang yang memiliki nilai jual.KEREENN.

SCG-Indonesia


TENTANG SCG  :

SCG, Merupakan salah satu grup konglomerasi terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni : Cement-Building Materials, Chemicals, dan Packaging. Melalui lebih 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri Cement-building materials, chemicals, dan packaging. Hingga hari ini, memiliki total 29 perusahaan di seluruh Indonesia dan memiliki sekitar 8.300 karyawan.

SCG, menawarkan variasi produk dan layanan premium. produk yang ditawarkan adalah produk struktural di bawah merek 'SCG' termasuk semen SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, beton siap pakai 'Jayamix by SCG' , Dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek 'KIA' . SCG juga menawarkan produk PVC resin, corrugated containers dan kemasan offset printing. SCG juga menawarkan produk Gypsum, semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia ternama. Selain itu SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis di seluruh Indonsia.



IG  @ullyoctav

_ Thank you for reading_











Komentar

  1. Konsep Ekonomi Sirkular ini menarik juga ya, memang sih aku sendiri masih sering memakai konsep linier, cuman sekali pakai. Habis baca ini jadi kepikiran, kira-kira barang apa ya yang bakal bisa kumanfaatin untuk dipakai lagi. Cus lah cek tempat sampah, hehe

    BalasHapus
  2. Bagusss gantungan tas ala-alanya. Padahal dari kain-kain tak terpakai ya. Nyoba bikij juga ah.

    BalasHapus
  3. Konsepnya keren banget ini,jadi perusahaan gak hanya sekedar mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi juga ikut berkontribusi terhadap masyarakat

    BalasHapus
  4. Suka deh dengan acara kayak begini, jadi dapat ilmunya gimana menggunakan dan memanfaatkan barang dengan bijak serta memanfaatkan limbah menjadi hasil karya yg berdaya guna.

    BalasHapus
  5. Menarik banget bahasan tentang ekonomi sirkularnya, jadi nambah lagi deh pengetahuan ttg perekonomian... Dan acaranya dikeas seru, sambil crafting pula.. .Asik bgt

    BalasHapus
  6. saya suka dengan programnya jadi bisa mengolah barang-barang tidak terpakai dan bisa menambah perekonomian disekitar

    BalasHapus
  7. Baca judulnya rasanya bahasan berat ternyata dari ekonomi yang sirkular banyak hal hal yang dekat dengan kita bisa diolah ya jadi sumber pendapatan.

    BalasHapus
  8. Setuju banget sama ekonomi sirkular ini. Disadari atau nggak, banyak banget barang-barang di rumah yang terbengkalai begitu saja. Apalagi kalau kondisinya nggak layak untuk disumbangkan, misalnya pigura yang patah atau pakaian yang sobek.

    Padahal semua itu bisa banget diolah kembali agar bisa tetap digunakan di dalam rumah atau malah dijual, ya. Mantap lah masukan dari SCG ini untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  9. MasyaAllah ini keren banget kegiatan, positif dan banyak energi yang bisa upgrade semangat. Pengen ikutan kalo di kotaku ada mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT SIWAK, UNTUK KESEHATAN MULUT PADA PASTA GIGI SASHA PENCEGAH GIGI BERLUBANG

JAKHUMFEST MENGAJAK MILENIAL LEBIH PEDULI PADA ISU SOSIAL,KEMANUSIAN DAN LINGKUNGAN

PRUDENTIAL LUNCURKAN ASURANSI JIWA SYARIAH PRUCINTA