Mengenal Penyakit Parkinson:Gangguan Neurologis dan Gangguan Motorik

Assalamualaikum.
Gimana nih,dengan weekend nya
pasti happy ya,bisa meluangkan waktu bersama keluarga terutama anak.
oya,Kamis 7 November 2019 kemarin alhamdulillah diberi kesempatan menghadiri Blogger dan Vlogger Gathering yang bertempat di Rs.Premier Jatinegara,Jakarta timur.
Yang bertemakan "Mengenal Parkinson".


Rs.Premier Jatinegara,Jakarta Timur

Apa itu PARKINSON? Penyakit Parkinson adalah Gangguan atau Kelainan yang terjadi pada sistem Saraf.Parkinson adalah penyakit yang memengaruhi sistem saraf pada otak yang memproduksi Dopamin.
Penyakit Parkinson menyebabkan degeneratif saraf pusat terutama Otak dan menyebabkan seseorang akan terkena Tremor atau kekakuan dalam pergerakan tubuh.
Akan tetapi,masalah yang terdapat pada saraf otak tersebut juga berimbas pada gangguan-gangguan lainnya seperti gangguan Motorik dan gangguan non Motorik.

dr.Sukono Djojoatmodjo Sp.S

Dr.Sukono Djojoatmodjo Sp.S Beliau adalah Seorang Ahli Saraf.Beliau sangat berpengalaman di bidangnya,jujur senang sekali bertemu dengan beliau karena aku sebelum nya belum ngerti banget Parkinson,Malah dulu aku kira seperti gangguan kejiwaan.Tetapi dengan beliau menjelaskan detail mengenai Parkinson aku sekarang mengerti.



Dr.Sukono Djojoatmodjo Sp.S juga menjelaskan bahwa jumlah pengidap penyakit Parkinson dari hari ke hari semakin meningkat di Indonesia.Karena itu untuk mencegah penyakit tersebut Beliau menyarankan untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang masih Fresh ,bukan hasil olahan, rutin melakukan olah raga,menjaga berat badan ideal,banyak makan sayur dan buah.


DOK.PRIBADI


Oya,jadi gangguan Mentorik yang dialami oleh pasien Parkinson berupa Tremor,bradykinesia,rigiditas,dan lain sebagainya.Tidak hanya itu parkinson juga dapat memberikan non-motorik pada pasiennya,seperti masalah depresi,halusinasi,kesulitan mengingat dan lain-lain.


Pada dasarnya seseorang yang telah mengalami penyakit Parkinson tidak bisa lagi disembuhkan secara total.Namun penanganan serius dan berkala oleh dokter bisa membantu mengendalikan pergerakan tubuh penderita Prkinson agar tetap dapat beraktivitas.

Penyebab Parkinson sebenarnya tidak dapat diketahui secara pasti.Namun, para ahli telah menentukan beberapa faktor risiko yang bisa jadi penyebab Parkinson.


Apa Penyebab Parkinson?

Penyebab penyakit Parkinson salah satunya adalah karena umur yang telah lanjut,Parkinson adalah penyakit yang kerap menyerang orang yang sudah berusia lanjut.

Meskipun demikian,risiko terjadinya penyakit Parkinson juga bisa terjadi pada seseorang yang masih muda.Jika seseorang mengalami gejala Parkinson saat masih muda belum berusia lanjut, salah satu faktor risiko yang diduga kuat menjadi penyebab Parkinson yang di deritanya adalah Kelainan genetik atau Faktor bawaan.


DOK.PRIBADI

Diagnosis Parkinson

Biasanya, Dokter akan mengajukan pertanyaan tentang gejala-gejala dan kondisi kesehatan masa lalu anda.Selain itu,dokter juga mungkin melakukan pemeriksaan Neurologis.
Pemeriksaan ini meliputi pertanyaan dan tes yang menunjukan seberapa baik saraf anda bekerja.


Penting sekali bukan kita generasi muda milenials mengetahui apa itu Parkinson, Supaya kita bisa mencegah dan selalu hidup sehat.

Karena Sehat itu MAHAL.

Nah, Bila Dokter sudah menentukan kalau yang diderita adalah penyakit Parkinson Pengobatan bisa dilakukan dengan 3 jenis pengobatan :

Jenis pengobatan Parkinson


1.  Melalui Oral Dengan Mengkonsumsi obat-obatan
2.  Obat infus yang dimasukan kedalam Lambung
3.  Melakukan Operasi Bedah Deep Brain Stimulation (DBS)



Jadi,Acara Blogger Vlogger kemarin aku dan beberapa rekan ku sempat mengelilingi Rs.Premier Jatinegara juga terutama di Lt.03 dan Lt.08 nya lho.


Ruangan Lt.08


Ternyata Lt.08 adalah ruangan VIP nya,ruangan nya bagus banget, nyaman banget.untuk ruang tunggu pasien nya juga di pisah pakai ruangan kaca gitu yang didalam nya ada sofabed yang empuk terus di lengkapi televisi dan AC nya juga.Keren ih

Kalau untuk Lt,03 itu ruangan khusus perawatan jantung nya, jadi yang dilihat dari ruangan ini adalah kebersihanya ,perawat yang selalu stanby,steril dan ramah juga pelayanannya. Selain kita dapet ilmu yang luar biasa di acara tersebut kami juga bisa keliling sekitar ruangan Rs.Premier Jatinegara juga....So Happy



Kesimpulan Dan Pesan dari dr.Sukono Djojoatmodjo  Sp.S Bahwa Menjadi Tua itu adalah sebuah kepastian,Sementara kita hidup hanyalah untuk menunda kematian,jadi menjaga hidupmu dengan pola hidup sehat agar dijauhkan dari Penyakit.


BLOGGER DAN VLOGGER GATHERING



Narasumber :
dr.Sukono Djojoatmodjo, Sp.S
Ruang Auditorium Lt.09 
Gedung Poli Klinik Lt.09
Rs.Premier Jatinegara
Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-89
Jakarta Timur


-Happy Reading_



Komentar

  1. Makasi informasinya seputar parkinson beb tapi itu ada beberapa size tulisannya kecil. Atau mata aku burem ya malem2 baca

    BalasHapus
  2. Informasi seputar parkinson ini harus di-share k berbagai kalangan. Karena penting bgt utk tahu gejala, penyebab dll nya ya

    BalasHapus
  3. Ternyata penyakit parkinson harus segera ditangani ya. Apalagi di Rumah Sakit Premier Jatinegara sudah ada khusus ahli sarafnya.

    BalasHapus
  4. Wah trims nih infonya ttg parkinson.. jadi harus lebih waspada sama gejalanya...

    BalasHapus
  5. Kalau pengobatan dgn cara operasi berarti yang udah parah banget ya mbak? Lalu yang diobati dengan pengobatan tertentu gimana prosentase kesembuhannya?Moga kita selau sehat yaaa jauh2 dr sa_it apapun

    BalasHapus
  6. Kalau liputan gini senang ya tambah ilmu dan jadi aware banget deh sama kesehatan kita ya kak

    BalasHapus
  7. Drescodenya memang merah ya keren. Bagus2 ehh gagal fokus hahhaha habis kalian seru foto2nya. Alhamdulillah dapet bekel iomu soal penyakit ya Mba. Kita harus jaga pola hidup sehat nih mulai sekarang juga

    BalasHapus
  8. jujur saja saya masih awam dengan penyakit ini, tapi dengan informasi yang mbak tulis saya jadi tahu skrg seperti apa parkinson ini. thx ya

    BalasHapus
  9. Note di bagian ini:
    Pada dasarnya seseorang yang telah mengalami penyakit Parkinson tidak bisa lagi disembuhkan secara total.Namun penanganan serius dan berkala oleh dokter bisa membantu mengendalikan pergerakan tubuh penderita Parkinson agar tetap dapat beraktivitas.

    Jadinya penderita masih punya harapan ya untuk beraktivitas dengan baik

    BalasHapus
  10. Dari deskripsinya seperti struk ya dimana Parkinson merupakan gangguan yang menyerang sistem saraf otak. Penyakit ini Dan bisa membuat penderita tak memiliki kemampuan untuk bergerak

    BalasHapus
  11. Sepintas mirip struk ya, walaupun gejalanya beda. Mulai sekarang harus rajin aware dengan kondisi tubuh dan makanamakanan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT SIWAK, UNTUK KESEHATAN MULUT PADA PASTA GIGI SASHA PENCEGAH GIGI BERLUBANG

SLEEKBABY, SABUN PENCUCI BOTOL YANG AMAN DENGAN 8 PROTEKSI TERBARU

JAKHUMFEST MENGAJAK MILENIAL LEBIH PEDULI PADA ISU SOSIAL,KEMANUSIAN DAN LINGKUNGAN